Perpustakaan Siapkan Layanan Administrasi di Satu Titik

image

BINTAN--Perpustakaan akan menerapkan layanan administrasi di satu titik, hal tersebut agar layanan administrasi yang diberikan ke anggota lebih efektif dan efisien sehingga yang mengurus berkas tidak bolak-balik dari ruangan 1 (satu) ke ruangan yang 1 (satu), Kamis (24/10/2019).

Penerapan layanan di satu titik ini dilakukan setelah dilakukan evaluasi terhadap layanan penerbitan KTA, penerbitan surat bebas pinjam dan penyerahan sekripsi yang baru-baru ini dilaksanakan  kurang efektif jadi perlu dilakukan pembaharuan, bila kemarin anggota berhadapan dengan 3 (tiga) orang petugas dan bolak-balik dari ruangan 1 (satu) ke Ruangan yang 1 (satu) kali ini cukup 1 (satu) orang petugas saja jadi petugas lain bisa mengerjakan yang lain sehingga tidak ada penumpukan pekerjaan, karena kerjanya dibantu sistem, jelas kanit.

Ruang layanan pengguna hanya melayani layanan sirukulasi, referensi, temu kembali, baca ditempat, izin mengajar dengan demikian lalu lalang pengunjung terpantau oleh petugas. Dengan memanfaatkan sistem yang ada data bisa diakses antar ruangan, direncanakan kedepan anggota dalam hal mengajukan permohonan dan kelengkapan berkas tidak berbentuk kertas tapi basis Download-Upload jadi datang kepetugas tinggal ambil. Bila ditanya mungkin apa tidak jawabnya mungkin karena sedang lagi dikembangkan sistemnya.

Banyak orang berbicara masalah integrasi, bila sistem benar sudah terintegrasi maka semestinya layanan yang ada bisa dilayani dengan cepat. Sebenarnya saat ini beberapa layanan yang kita miliki sudah cepat misalnya penerbitan surat bebas pinjam itu cukup hitungan detik surat langsung keluar dari printer, yang bikin lama pemohon salah membawa berkas kesalahan itu karena tidak membaca petunjuk.

Bila sistem pengurusan administrasi menerapkan metode Download-Upload, tentu pemohon harus membaca petunjuk dengan baik bila tidak membaca dan mengikuti pedoman tersebut akan bermasalah juga, jadi utamakan membaca petunjuk setelah dibaca bila kurang paham baru bertanya jangan kebalik. Kita berharap layanan yang baik akan mempermudah semua pihak baik pengguna maupun petugas.